Mengenal bahan sol sepatu

Sobat walkxey mungkin sering melihat jenis sol sepatu dengan bentuk dan warna yang berbeda-beda dengan model sepatu kulit boot, sepatu kulit casual, maupun sepatu kets, dan taukah sobat walkxey bahwa setiap sol di desain untuk menhadapi setiap medan sehingga bahan yang di gunakan nyapun harus sesuai dengan fungsi dari sol tersebut. karna itu kali ini admin walkxey akan memberikan bocoran tentang bahan sol sepatu yang sering di gunakan.

1. RUBBER SOLE
Rubber sole atau yang biasa kita sebut sole karet ini sering di gunakan untuk sepatu safety atau sepatu lapangan, sole berbahan rubber ini tidak ada expirednya (kadaluwarsa), rubber sole ini selain kuat dan lentur, sole ini juga bisa kita tambah jahitan di samping di lem dan di press. Kelebihanya: Kuat dan lebih lentur dibanding bahan yg lain.

2. PU (POLYRETHINE)
Bahan sole pu ( polyrethine ) adalah bahan sole yang anti slip dan ringan dan juga ringan tahan terhadap minyak (oil resistant) kalau di banding dengan sole berbahan lain , sole pu ini tergolong mahal , dan juga mempunyai expired date atau kadaluwarsa , jika sudah kadaluwarsa maka sole berbahan pu ini akan hancur sendiri seperti sepotong roti jika di biarkan dalam waktu yang lama.
Kelebihannya: Tahan terhadap minyak (oil resistant), ada anti slip & lebih ringan.

3. TPR (THERMO PLASTIC RUBBER)
Sole dengan bahan ini adalah campuran dari bahan plastic dan rubber sole berbahan ini cocok di gunakan untuk poduksi sepatu yang tahan air, karena bahannya menggunakan campuran dari bahan plastic dan rubber maka sole berbahan ini tidak licin.
Kelebihan: Ringan, lebih keset jika dipakai tempat yang ada air.

4. PVC (POLYVINYL CHLORIDE)
Terbuat dari lebih banyak bahan plastik dan sedikit karet.
Kelebihan: Sole lebih ringan & keras.

setiap sol memiliki kekurangan dan kelebihan nya masing-masing. mengenai tingkat kekuatan itu tergantung pada perawatan serta pemakayan si pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *