Cara Membedakan Kulit Asli dan Palsu ( kulit sintetis ) !

Sepatu kulit memiliki daya tarik tersendiri bagi berbagai kalangan, dan sangat di gemari karenan memili kesan yang berbeda untuk orang yang menggunakannya. Namun, seiring perkembangan teknologi pula, semakin banyak produsen yang memproduksi kulit sintetis. Secara kasat mata, kulit sintetis terlihat sangat mirip dengan kulit asli apalagi dipadu dengan model sepatu yang fashionable, tidak sedikit orang yang terkecoh dengan produk kulit sintetis. karena itu walkxey akan memberikan sedikit tips cara membedakan kulit asli dan palsu (kulit sintetis ).

1) Lihat Teksturnya

Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk membedakan sepatu kulit asli dan palsu adalah dengan melihat teksturnya. Untuk sepatu kulit asli biasanya memiliki tekstur yang tidak beraturan dan cenderung tidak menarik, namun untuk sepatu kulit yang palsu atau sintetis cenderung memiliki tekstur yang lebih rapi dan beraturan.

2) Cek Baunya

Untuk sepatu kulit asli jika anda mencium kulitnya, akan tercium aroma kulit yang seperti dalam proses penyamakan, apalagi pada saat sepatu berbahan kulit baru pertama di keluarkan dari dus sepatunya akan sangat terasa bau kulit nya. Namun untuk sepatu kulit palsu atau sintetis akan tercium aroma yang tidak sedap dan menyengat seperti karet.

3) Harganya

Ada yang bilang, harga menentukan kualitas. Tapi nggak selamanya kulit asli itu memiliki harga yang mahal loh! Harga memang bukan jadi patokan utama untuk menentukan kulit asli atau palsu. Tidak sedikit kulit palsu memiliki harga yang mahal karena kemiripannya dengan kulit asli. Poin pertama dan kedua di atas dapat dijadikan patokan awal untuk menentukan pembelian. Tidak sedikit pula kulit asli yang memang memiliki harga lebih terjangaku dibandingkan kulit palsu.

4) Daya tahan

Ini hal yg menjadi  daya tari bagi produk berbahan kulit asli. kulit asli memiliki dayatahan yang sangat baik dan dapat bertahan selama bertahun-tahun walau setiap hari di gunakan dengan segala kondisi cuaca. karena memiliki serat-serat alami yang mampu mengurangi reaksi kulit dengan zat lainnya. Sedangkan untuk kulit palsu, memiliki daya tahan tidak sampai satu tahun. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, terutama pengikisan zat pelapis kulit berbahan kimia lainnya. Zat pelapis tersebut berfungsi hanya untuk meredam reaksi yang terjadi antara zat lainnya dengan kulit sintetis tersebut, sehingga zat pelapis dapat mudah terkikis olehnya. Daya tahan kulit asli memang menjadi salah satu nilai jualnya, karena tidak mudah rusak dan tidak mudah mengalami oksidasi secara cepat

 

itulah cara membedakan kulit asli atau palsu ( kulit sintetis ) semoga bisa membantu sobat walkxey utuk mengecek sepatu yang berbahan kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *