Jenis kulit untuk bahan sepatu

Sahabat Walkxey tentunya sudah sering melihat bahkan mungkin juga suka menggunakan sepatu kulit dengan berbagi bentuk dan gaya seperti sepatu kulit bot, sepatu kulit casual dan lain sebagainya. namun apakah sobat walkxey mengetahui jenis kulit yang di gunakan untuk bahan sepatu,,?? na saat ini admin walkxey akan memberikan bocoran tentang jenis-jenis kulit yang sering digunakan untuk bahan sepatu.

1.Full Grain ( Finish Leather )

Full Grain ( Finish Leather ) Adalah jenis bahan kulit yang di proses secara utuh tanpa mengubah atau memodifikasi struktur permukaan kulit bawaanya. Sehingga motif permukaan  pori-pori kulit (grain) masih terlihat alami atau natural, sehingga tekstur kulit binatang masih terlihat cukup jelas.  Jenis bahan kulit ini terbuat dari kulit hewan sapi muda berumur 6-12 bulan,disebut juga sebagai Calf.

2.Pull-Up Leather

Jenis kulit Pull-Up (Pull-Up Leather) adalah proses pengolahan lanjutan dari jenis kulit Finish Leather. Pada jenis kulit pull-up, kulit yang telah selesai di proses menjadi finish leather kemudian ditarik melar sehingga didapatkan kulit yang lebih tipis. Kulit yang lebih tipis akan lebih mudah dibentuk menjadi berbagai jenis bentuk sepatu. Karena proses nya di tarik atau di melarkan, jenis kulit Pull-Up memiliki warna yang sedikit memudar, sehingga memiliki keunikan tersendiri dan memberikan kesan Vintage pada sepatu yang dihasilkan dibandingkan dengan sepatu dengan bahan kulit Finish Leather.

3.Suede

Kulit Suede adalah jenis bahan kulit yang diproses secara terbalik, yaitu disamak dari bagian dalam kulit binatang. Jenis kulit Suede meiliki tekstur yang lebih lembut. Sepatu dengan bahan jenis kulit Suede umumnya lebih digemari oleh anak-anak muda. Sepatu kulit dengan jenis bahan kulit suede terkesan lebih santai dan tidak formal.

4.Nubuck Leather

Secara kasat mata, jenis bahan kulit Nubuck terlihat sama dengan jenis kulit Suede. Perbedaanya adalah pada proses pembuatanya. Tidak seperti jenis kulit Suede, jenis kulit Nubuck tidak dibuat dari bagian dalam kulit binatang. Melainkan dibuat dari bagian luar kulit binatang, seperti pada Finish Leather. Namun permukaannya dihaluskan menggunakan permukaan yang kasar, sehingga menghasilkan permukaan kulit yang halus seperti pada jenis kulit Suede.

5.Patent Leather (Brush-Off)

Jenis kulit Patent Leather adalah jenis kulit yang diproses dengan dilapisi bahan protektif seperti acrylic. Sehingga menghasilkan jenis kulit yang sangat mengkilap, berwarnana terang, dan licin. Kelebihan sepatu dengan bahan jenis kulit Patent Leather adalah mudah dibersihkan dan selalu terlihat mengkilap. Namun jenis kulit Patent Leather terlihat kurang eksotis karena tampilan permukaan kulit alami nya menghilang.

 

Berbagai macam jenis kulit tersebut memiliki kelebihan dan kekuranganny masing-masing, jika sobat bertanya tentang kekuatan atau ketahanan nya, semua tergantung pada cara perawatan nya. semoga bocaoran dari admin ini bisa menambah pengetahuan sobat walkxey tentang jenis kulit yang sering digunakan untuk bahan sepatu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *